Senin, 07 November 2011

contoh paragraf narasi, eksposis dan deskripsi


CONTOH PARAGRAF NERASI EKSPOSITORIS

Jum’at 5 Mei 2006, Esa berkunjung desa Randurejo,Wonogiri. Berta kematian Muliawan yang tiba-tiba sangat menghebohkan warga desa Randurejo. Muliawan yang merupakan aktivis terkenal di desa itu mati dengan cara yang tidak wajar. Esa, seorang wartawan kompas ikut meneliti penyebab kematian temannya itu, menemukan beberapa kejanggalan. Seperti tidak ada luka atau lecet di tubuh Muliawan yang menyatakan ia mati karena kecelakaan.
            Polisi telah menetapkan beberapa tersangka seperti Boy, Hendra dan Seca. Namun setelah diteliti lebih dalam ternyata mereka hanya pembunuh bayaran dari Bapak Kepala Desa tempat tinggal Muliawan. Ia mengaku bahwa ia menyimpan dendam kepada Muliawan karena dia pernah membuka kedok kasus korupsi yang pernah ia lakukan.
            Akhirnya, 4 tersangka yang telah ditetapkan itu, yaitu Boy, Hendra, Seca dan kepala desa Randurejo mendekam di dalam penjara selama 5 tahun. Kerabat, sahabat dan keluarga Muliawan senang menerima keputusan yang sangat adil ini.


CONTOH PARAGRAF NARASI SUGESTIF

            Malam semakin larut, Amir belum juga mampu memejamkan matanya. Tiba-tiba, listrik di desanya padam. Semuanya tak terlihat. Amir memang takut gelap, takut hitam.
            Tiba-tiba pintu kamarnya berderit keras. Bulu kuduknya langsung berdiri. Tak mungkin itu Ayah atau Ibunya. Karena mala mini mereka ada di luar kota. Sehingga ia berada ada di rumah sendiri.
            “Siapa kamu? Jangan ganggu aku”.Kata Amir dengan sedikit gemetar.
            Ia mencoba beranjak dari tempat tidur, tapi itu sangat sulit baginya. Berkali-kali ia mencoba menggerakkan kakinya. Tapi, makin lama kakinya makin kaku. Seakan-akan kakinya sudah melekatn pada tempat tidurnya.
            Pintu berderit makin keras. Deg darah Amir berdesir dengan keras. Ia terus mencoba menahan ketakutannnya. Dan seperti mendapat kekuatan dari surge, ia bangkit. Namun hanya beberapa langkah ia langsung jatuh. Ternyata ketakutannya telah melumpuhkan beberapa sarafnya. Ia hanya sanggup menggeletak di lanatai bagaikan onggokan kayu yang tak berguna. Antara sadar dan tidak sadar ia mendengar sayup-sayup suara ibunya yang merdu membangunkannnya.
            Sedikit demi sedikit matanya terbuka. Dirasakannya seluruh badannya terasa linu. Ketika ia sadar ibunya sudah ada di sampingnya. Ternyata Ia telah tersadar dari masa komanya, selama beberapa hari.


CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI SPASIAL
           
GUNUNG MERAPI

            Gunung Merapi merupakan salah satu gunung teraktif di Dunia. Gunung yang terletak di Yogyakarta ini sudah berkali-kali memuntahkan laharnya di desa sekitarnya. Terlebih lagi pada bulan November 2010, sudah lebih dari sepuluh kali merapi meletus. Tahun ini merupakan letusan terdahsyat yang pernah terjadi. Hampir seluruh desa di lereng Merapi tertutup oleh wedhus gembel yang dikeluarkan oleh Merapi. Bahkan, beberapa desa di sekitar Merapi luluh lantah diterjang lahar panas Merapi. Berderet-deret rumah yang tersusun rapid an berbagai pohon rindang yang menghijau kini hanya tinggal kenangan disapu lahar panas Merapi.

CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI OBYEKTIF
                                                MBAH MARIJAN

            Mbah Marijan seorang lelaki tua yang tinggal di lereng Gunung Merapi. Ia merupakan orang yang sangat disegani masyarakat. Beliau merupakan lelaki tua yang bijaksana dan setia pada kewajibannya sampai akhir hayatnya. Kewibawaannnya terlihat dari penampilannya yang sederhana. Walaupun dia pendek, akalnya tidak pendek. Rambutnya yang telah ubanan tidak membuat semangatnya untuk bekerja kendur. Wajah keriput yang dimakan usia itu, menunjukkan bahwa ia telah merasakan asam-garamnya kehidupan. Mbah Marijan merupakn panutan warga tentang perkembangan Gunung Merapi. Semua masyarakat percaya pada semua kalimat Beliau. Bahkan sampai akhir hayatnya, Beliau tetap setia pada tugas-tugasnya sebagai juru kunci Merapi.

CONTOH PARAGRAF EKSPOSISI POLA PROSES

SKORBIA

            Pohon skorbia merupakan salah satu tanaman hias yang sangat digemari masyarakat. Pohonnya yang mungil dihiasi duri-duri yang tajam membuat ia dapat bertahan hidup dalam keadaan kering. Selain itu bunganya yang indah menambah daya tarik bagi masyarakat.
            Pohon skorbia sangat mudah ditanam. Caranya, kita siapkan sebuah pot. Kemudian isi pot dengan tanah yang berhumus sampai penuh. Setelah itu, kita pilih salah satu batang pada tanaman induk yang sudah berakar. Potong secara hati-hati dengan pisau. Setelah itu, buat sedikit lubang pada bagian tengah pot yang sudah diiisi tanah. Masukkan potongan batang skorbia pada lubang yang sudah disiapkan. Tutup kembali dengan tanah. Tempatkan di tempat yang terang dan siram secara teratur.

CONTOH PARAGRAF EKSPOSISI POLA SEBAB-AKIBAT
Banjir Di Jakarta

            Dalam sepekan ini hujan terus mengguyur Jakarta. Jakarta merupakan kota terpadat penduduknya. Sehingga banyak bangunan yang terbuat dari beton. Ini membuat air sulit meresap. Ditambah lagi tumpukan sampah yang menggunung dimana-mana. Akibatnya, Jakarta di landa banjir sampai 1,5 meter selama 2 hari. Banyak warga yang kehilangan pekerjaannya untuk sementara waktu. Bahkan, kebutuhan mendasar seperti makan, minum dan pakaian pun mereka masih membutuhkan uluran tangan para dermawan. Selain itu, mereka juga terserang penyakit seperti diare, gatal-gatal, dll.

CONTOH PARAGRAF EKSPOSISI POLA ILUSTRASI
PERSAHABATAN

            Di dalam hidupnya, manusia tidak akan pernah bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dari situlah kita temukan sahabat-sahabat terbaik dalam hidup kta. Persahabatan ibarat sebuah pohon. Pohon tumbuh dari sebutir biji yang kecil. Demikian juga persahabatan lahir karena adanya kebersamaan untuk menyelesaikan masalah yang kecil. Kemudian tumbuhan tersebut tumbuh dewasa dan subur karena dipupuk, disiram dan mendapat sinar matahari yang cukup. Persahabatan pun akan terus bertambah erat jika didalamnya mereka saling mengasihi, saling percaya dan saling membantu. Akan tetapi, jika tidak dirawat pohon akan manjadi layu. Persahabatan pun akan berakhir jika kita tidak saling mempercayai. Pohon jika sudah dewasa ia dapat merindangi sutu tempat. Begitu juga persahabatan yang telah lama terjalin, ia dapat membuat seseorang dapat berbagi dan menyelesaikan masalah bersama-sama.

1 komentar: